Rabu, 08 Februari 2012

Konsep OOP


KONSEP OOP

OOP (Object Oriented Programming) bukanlah merupakan bahasa pemrograman melainkan sebuah cara untuk menjadikan program yang kita buat menjadi lebih modular karena suatu permasalahan akan dikumpulkan dalam satu objek, yang selanjutnya akan disebut dengan kelas.  Pembahasan lebih lanjut mengenai kelas dan objek ini baru akan dibahas pada bab selanjutnya. Dengan kata lain pada bab ini akan dibahas pengenalan dan konsep dasar dari OOP sehingga akan lebih mudah memahami bab-bab selanjutnya. Secara umum kerangka OOP terdiri atas 7 bagian yaitu :

1. Komentar
2. Paket ( Package ) dan Import
3. Badan Kelas ( Class body)
4. Data
5. Method
6. Main Method

Blok Kerangka Dasar OOP

Pada pemrograman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang mempunyai data (sifat) dan fungsi (kelakuan). Sedangkan Objek 
adalah instance dari sebuah kelas.
Contoh: Manusia adalah suatu kelas, maka instance atau objek dari kelas manusia adalah Udin, Sandra, Dewi, dan yang lainnya.


Penciptaan Kelas

Kelas dapat dibuat sebagai kelas yang baru atau dibentuk dari kelas yang sudah ada. Proses pembentukan  kelas baru dari kelas yang sudah ada menggunakan method Inheritance (pewarisan) menjadi kelas Super(induk) dan Kelas Sub(anak). Proses pembentukan kelas menghasilkan hierarki kelas yaitu puncak hierarki yang disebut sebagai kelas abstrak dengan memiliki dsekripsi data dan method yang sangat umum.


Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Contoh sederhana penciptaan kelas:




class Siswa{
       //variable instan
    String nama;
      //metode
    void isiData(String namaku) {
             nama=namaku;
        }
     String ambilNama(){
         return nama;
        }
     }  



Penciptaan Objek
Objek dibuat dengan mula-mula membuat variable yang kelak merujuk ke objek. Variabel seperti ini biasa disebut variable objek. Selanjutnya objek diciptakan dengan melalui new dan hasilnya ditugaskan ke variabel 
objek. 



Contoh:
Siswa  mahasiswa_itn = new Siswa();










Tidak ada komentar: