Rabu, 24 Desember 2008

NOS

Network Operating Sistem

Network Operating System merupakan perangkat lunak yang mengatur pelayanan yang berkaitan dengan jaringan. Trend yang ada pada saat ini adalah NOS yang tidak bergantung pada jenis perangkat keras.

CONTOH NETWORK OPERATING SYSTEM

1 Novel Netware

Netware protocol diimpelementasilan dengan menggunakan mekanisme Open Data Link Interface (ODI). Komponen utama dari model ODI ini adalah Multiple Link Interface Driver (MLID) dan Link Support Lay er (LSL). Dengan mekanisme ini memungkinkan penanganan beragam protocol dan perangkat keras dengan mudah.

Protocol asli Netware adalah Netware Core Protocol (NCP), Sequence Packet Exchance (SPX) dan Internet Excange Protocol (IPX). IPX merupakan connectionless (tiga layer pertama) d an SPX adalah connection oriented (layer ke empat) Pelayanan dilakukan dengan menggunakan Service Advertising Protocol (SAP).

2 Banyan VINES

VINES operating system berdasarkan UNIX System V. Terdiri dari workstion module dan server module. Physical dan Data Link Layer membolehkan hampir seluruh protocol yang mungkin digunakan termasuk asyncrhonouse, HDLC, IEEE 802.X, X.25. Device driver digunakan untuk berhbungan dengan beragam card komunikasi.

Network Layer mendukung DoD IP, ARP, ICMP, termasuk VINES : IP, RTP, ARP, ICP. Transport layer mengimplementasikan : DoD, TCP dan UDP ditambah VINES model untuk IPC (Interprocess Communication) dan SPP (Sequence Packet Protocol). Lapisan yang lebih tinggi mendukung berbagai aplikasi, termasuk Microsoft SMB (Server Message Block).

3. Microsoft Windows NT

Windows NT adalah suatu sistem operasi 32-bit yang mempunyai kemampuan multitasking, multiprocessing dan dijalankan Prosesor Intel dan Alpha.

Didalamnya terdapat suatu sistem sekuriti (diatas level C2) dengan pengakasesan secara sentral untuk seluruh sumber daya baik di komputer lokal maupun komputer remote yang terhubung dengan jaringan.

EXECUTIVE

Dalam Windows NT, software berjalan di kernel yang disebut executive.

Didalamnya terdapat Microsoft Win32® interface untuk user dan programmer window terdahulu serta interface POSIX.

Subsystems dan services mengakses executive melalui system services.

Executive berisikan object manager, security reference monitor, process manager, local procedure call facility, memory manager, dan input/output (I/O) manager.

Hardware Abstraction Layer (HAL)

Mendukung Windows NT untuk menggunakan platform hardware yang berbeda seperti Intel x86, Pentium, and DEC Alpha.

Memetakan platform-fitur yang spesifik ke dalam duatu interface hardware yang generic digunakan oleh Windows NT executive

Registry

Windows NT menyimpan security dan setting sistem kedalam suatu database yang disebut registry.

Jika di UNIX disimpan pada direktori /etc. Administrasi Windows NT bersifat centralized dan generalized. Windows NT registry secara otomati melakukan backup copy yang dapat di retrieve.

Service Pack & Hotfixes

Windows NT mempunyai patches dan fixes untuk mengatasi masalah dalam address yang ditemukan pada suatu sistem operasi. Ada dua bentuk yaitu service packs dan hotfixes.

Service Packs

berisikan patches dan hotfixes yang merupakan solusi mengatasi problems pada sistem operasi dan software lainnya. Juga berisikan tambahan kemampuan ke sistem operasi.

Hotfixes

berisikan patches untuk software function atau package khusus, termasuk security hole atau problem yang ditemukan pada service pack.


Tidak ada komentar: