Jumat, 31 Agustus 2012

Masjid Pohon dan Kisah Mukzijat Rasul


Hampir semua masjid yang ada di Arab Saudi diberi nama sesuai dengan tragedi yang terjadi di masjid tersebut. Salah satunya adalah Masjid Pohon yang ada di Makkah. Masjid ini dulu menjadi saksi terbangnya sebuah pohon.

Masjid Pohon atau yang lebih dikenal dengan Masjid Syajaroh memang cukup istimewa. Saat pertama kali mendengar nama ini, mungkin di benak Anda terpintas pikiran sebuah masjid yang berdiri di atas sebuah pohon, atau pun masjid dengan bangunan yang didominasi dengan kayu.




Nyatanya, Masjid Pohon hanyalah sebuah masjid biasanya yang dibangun menggunakan semen dan bahan bangunan lainnya. Lalu kenapa dinamakan Masjid Pohon? Sebuah kisah menakjubkan melatarbelakangi penamaan masjid.

Sejarah Islam mengatakan dulu di dalam masjid yang berhadapan dengan Masjid Al Jin ini, berkumpul para jin kafir. Mereka sengaja datang untuk bertemu Nabi Muhammad SAW.

Para jin datang untuk mempertanyakan dan meminta bukti atas kerasulan Rasulullah SAW. Kemudian, Rasul pun memanggil sebuah pohon yang berada tak jauh dari masjid untuk datang menghampiri mereka. Atas izin Allah, pohon ini tercabut dari tanah dan datang menghampiri Rasul. Setelah itu Rasulullah memerintahkannnya kembali, sang pohon pun kembali lagi ke tempat asalnya.

Kawanan jin yang melihat ini pun mengakui kerasulan Nabi Muhammad SAW dan memeluk agama Islam. Atas mukjizat memanggil pohon inilah, masjid ini diberi nama dengan Masjid Syajaroh atau Masjid Pohon.

Saat ini, Masjid Pohon menjadi destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi para umat Muslim saat berkunjung ke Tanah Suci. Selain cerita yang melatar belakangi penamaan masjid, Masjid Pohon juga dikunjungi untuk mengagumi mukjizat Nabi Muhammad SAW.

Sumber : detiktravel

Tidak ada komentar: